Jumat, 28 Juni 2013

FAKTOR-FAKTOR TERJADINYA PERGAULAN BEBAS

Faktor-faktor terjadinya pergaulan bebas
Kita tentu tahu bahwa pergaulan bebas itu adalah salah satu bentuk perilaku menyimpang, yang mana “bebas” yang dimaksud adalah melewati batas-batas norma ketimuran yang ada. Masalah pergaulan bebas ini sering kita dengar baik di lingkungan maupun dari media massa. Remaja adalah individu labil yang emosinya rentan tidak terkontrol oleh pengendalian diri yang benar. Masalah keluarga, kekecewaan, pengetahuan yang minim, dan ajakan teman-teman yang bergaul bebas membuat makin berkurangnya potensi generasi muda Indonesia dalam kemajuan bangsa.
Sedangkan remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Para ahli pendidikan sependapat bahwa remaja adalah mereka yang berusia antara 13 tahun sampai dengan 18 tahun. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanak-kanak, namun masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Mereka sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metode coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. Kesalahan yang dilakukan sering menimbulkan kekhawatiran serta perasaan yang tidak menyenangkan bagi lingkungan dan orangtuanya.
Pengertian pacaran dalam era globalisasi informasi ini sudah sangat berbeda dengan pengertian pacaran 15 tahun yang lalu. Akibatnya, di jaman ini banyak remaja yang putus sekolah karena hamil. Oleh karena itu, dalam masa pacaran, anak hendaknya diberi pengarahan tentang idealisme dan kenyataan. Anak hendaknya ditumbuhkan kesadaran bahwa kenyataan sering tidak seperti harapan kita, sebaliknya harapan tidak selalu menjadi kenyataan. Demikian pula dengan pacaran. Keindahan dan kehangatan masa pacaran sesungguhnya tidak akan terus berlangsung selamanya.

Pergaulan bebas sekarang telah merebah kemana-mana, dari kalangan atas sampai kalangan bawah terdapat banyak kasus tentang pergaulan bebas ini. Banyak beberapa faktor yang menyebabkan mereka melakukan pergaulan bebas itu. Untuk itu kali ini saya akan membahas tentang faktor penyebab pergaulan bebas dan solusinya
Faktor Agama & Iman
Ini adalah faktor utama yang menyebabkan mereka melakukan perbuatan yang melenceng tersebut, dikarenakan mereka tidak memahami betul agamanya. Bahkan semua agama pun tidak di ijinkan untuk umatnya melakukan tindakan-tindakan tidak senonoh berikut, dan walaupun anda sudah mengenal agama anda dan anda tau dosa apa yang anda terima jika anda melakukannya tapi iman anda tidak kuat, itu sama saja bohong.
 Solusi :
Perbanyaklah mengikuti kegiatan keagamaan atau pahami betul larangan-larangan yang ada di agama anda, perkuat iman anda, dan sibukkan dengan kegiatan yang positif.
 Faktor Lingkungan
Faktor lingkungan bisa menjadi faktor penting bagi mereka yang terjebak dalam pergaluan bebas.
Solusi :
anda harus dapat mengerti mana yang baik dan mana yang buruk, gunakan logika anda bukan nafsu anda.
 Faktor Pengetahuan Faktor pengetahuan yang rendah dan rasa ingin tau yang tinggi
inilah yang berbahaya, jika anda sudah tau dampak-dampak pergaulan bebas mungkin anda berpikir-pikir untuk melakukan hal tersebut. Solusi : Cari tau dulu sebelum anda ingin mencoba Faktor Zaman Sekarang itu adalah zaman edan, kenapa zaman edan? Kalian pasti mengerti sendiri, banyak kejadian-kejadian yang tidak masuk akal, seperti anak membunuh orang tuanya, bapak memperkosa anaknya, orang tua menjual anaknya dan lain sebagainya, ditambah lagi norma-norma kesusilaan manusia yang semakin berkurang.
Solusi :

Berpikirlah manusiawi dan jauhi keburukan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar